Pentingnya Lakukan Tune Up Mobil
Hallo Honda Lovers!
Tune up berasal dari kata tune dan up, artinya menyeting kembali. Tune up adalah sebuah pekerjaan untuk menstandarisasi semua komponen dan sistem pada kendaraan seperti semula baik dengan cara penyetelan, atau pembersihan.
Tujuan tune up antara lain ;
- Mengembalikan performa mobil seperti baru
- Mencegah terjadinya berbagai kerusakan pada mobil
- Melakukan pengecekan beberapa komponen mobil apakah masih sehat atau harus diganti
Apa bedanya tune up dengan service biasa ?
Tune up memang dikerjakan saat kita melakukan service rutin ke bengkel namun pekerjaan service rutin dan tune up itu berbeda. Tune up memiliki variasi pekerjaan lebih banyak dari service biasa sehingga waktu dan biaya yang dikenakan juga bisa lebih tinggi. Harga Terbaru Honda Surakarta Kalau service biasa, itu hanya sebatas mengecek bagian seperti filter udara, pengecekan fluida, pengecekan sistem injeksi, dan pengecekan rem tanpa mengecek bagian didalam mesin (tanpa pembongkaran berlebih). Namun pada pekerjaan tune up, itu hingga bagian dalam mesin seperti sistem katup juga akan dicek.
Komponen apa saja yang di tune up
Beberapa komponen mobil memang sangat sensitif, sehingga perlu dilakukan pengecekan berkala untuk mengetahui apakah komponen tersebut masih dalam kategori standar atau tidak. Beberapa komponen yang dimaksud antara lain ;
Pengecekan dan pembersihan filter udara
Langkah awal adalah mengecek bagian filter udara, umumnya mekanik hanya akan membersihkan debu pada permukaan filter menggunakan angin bertekanan. Honda Brio Surakarta Namun, kalau kondisinya sudah sangat kotor, anda harus menggantinya karena filter yang sudah sangat kotor akan sulit dibersihkan. Kalaupun dibersihkan, maka dalam waktu dekat filter langsung kotor kembali.
Pengecekan karburator dan throtle body
Pada mobil dengan sistem non-injeksi karburator maka wajib dilakukan pengecekan dan pembersihan karburator. Biasanya akan dilakukan penyetelan RPM pada karburator, namun pada mesin yang sudah menggunakan sistem injeksi maka hanya ada pengecekan dan pembersihan throtle body.
Baca Juga : Manfaat Lakukan Service Berkala Untuk Mobil Kesayangan
Pengecekan celah busi dan pembersihan busi
Pengecekan celah busi dilakukan untuk menjaga agar api yang keluar pada busi tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Harga Honda Mobilio Surakarta Memang celah busi sudah di set dari pabrikan, namun karena terus berinteraksi dengan tekanan kompresi maka akan ada sedikit perubahan pada celah busi, oleh sebab itu penyetelan dan pembersihan perlu dilakukan saat tune up.
Pengecekan dan penyetelan celah katup
Pada mesin dengan system katup konvensional (biasanya pada mesin non injeksi) juga wajib dilakukan penyetelan celah katup agar posisi katup bisa standar. Celah normal katup itu sekitar 0,2 sampai 0,3 mm. kalau lebih maka bisa menyebabkan suara berisik dan tenaga ngempos, namun kalau terlalu kecil bisa menyebabkan bocor kompresi.
Pengecekan tegangan V belt
Baik mobil injeksi atau bukan, V belt wajib di cek dari kondisinya hingga ketegangannya. Harga Honda CR-V Surakarta Kalau ternyata agak kendor maka mekanik akan melakukan penyetelan, namun penyetelan ini berlaku pada mesin dengan tensioner manual (tensioner ulir).
Pengecekan baterai/aki
Pada aki, yang dicek adalah teganganya harus ada pada angka 12 Volt saat mesin mati dan maksimal 14 Volt saat mesin menyala. Selain tegangan, kapasitas arus yang dimiliki juga perlu dicek biasanya menggunakan battery tester. Untuk standar aru listriknya, tiap aki berbeda dan ini tercantum pada cover baterai.
Pengecekan berbagai fluida
Fluida yang dimaksud adalah oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli power steering dan oli gardan. Harga Honda HR-V Surakarta Saat pengecekan bukan hanya mengecek apakah volume cukup atau tidak, tapi juga dicek kondisinya apakah oli masih sanggup melumasi atau perlu diganti.
Baca Juga : Jangan Panik!Begini Cara Atasi Mobil Mogok Dijalan