Hallo Honda Lovers!

Umumnya, permasalahan pada temperatur mobil naik secara drastis dan tidak pada suhu yang normal disebabkan oleh usia mobil yang tua, namun bukan berarti mobil baru tidak bisa mengalaminya. berikut beberapa penyebab temperatur mobil naik secara drastis dan cara mengatasinya.

Oli
Lapisan-lapisan halus yang terkandung pada cairan oli, berfungsi untuk mengurangi gesekan antar logam dengan komponen mesin seminimal mungkin. Jika kamu salah menggunakan oli, atau oli yang kamu gunakan tidak memiliki kualitas yang baik, dapat mengakibatkan temperatur mobil naik secara drastis. Hal itu disebabkan karena oli yang tidak memiliki kualitas yang baik tidak akan tahan terhadap panas mesin mobil sehingga oli cepat menguap. Ketika oli menguap, pelumas pada ruang mesin secara otomatis berkurang, dan menyebabkan logam di dalam ruang mesin bergesekan tanpa ada pelumas. Gesekan antar logam itulah yang menyebabkan mesin panas.

Kondisi radiator mobil
Radiator merupakan sebuah komponen yang memiliki fungsi untuk mendinginkan suhu dan temperatur air di dalam mesin agar mesin dapat bekerja normal. Panas yang dihasilkan mesin akan diserap cairan atau radiator coolant yang bersirkulasi lewat water jacket di silinder dan kepala silinder. Harga Honda Brio Solo Lalu, cairan panas ini akan didorong menuju radiator untuk didinginkan dan dialirkan kembali ke seluruh mesin.
Pentingnya sistem pendinginan mesin mobil bisa terganggu jika kondisi radiator sudah tidak maksimal sehingga menyebabkan temperatur mobil naik. Misalnya kondisi selang yang terhubung dengan radiator bocor, macet, dan berkerak akan membuat sirkulasi pendinginan terhambat sehingga mesin panas.

  • Air radiator
    Pemilihan air radiator juga mempengaruhi temperatur mobil naik atau turun. Banyak orang yang tidak tahu pentingnya jenis air apa yang baik di dalam radiator. Kebanyakan orang hanya menggunakan air sumur, air tanah dan air mineral biasa dimana ketiga cairan tersebut mengandung logam dan mineral yang dapat memicu penyumbatan mesin. Harga Honda Mobilio Solo Oleh karena itu, lebih baik kamu kamu segera mengganti air radiator mobil kamu dengan cairan pendingin khusus.

Baca Juga : Simak Bahaya Lalai Ganti Oli Mobil

  • Radiator bocor
    Penyebab temperatur mobil naik selanjutnya adalah radiator yang bocor. Radiator bocor biasanya disebabkan oleh korosi pada kisi-kisi radiator. Ini dikarenakan radiator diisi selain air radiator (coolant). Kandungan oksigen dalam air bertemu dengan logam dan terjadilah reaksi kimia yang mengakibatkan korosi. Karena korosi tersebut, radiator yang berbahan logam akan terkikis dan menyebabkan kebocoran. Pada kebocoran ini, coolant menjadi terbuang sehingga tidak cukup untuk mendinginkan suhu mesin kendaraan. Promo Honda Solo Kalau coolant tidak mendinginkan mesin dalam waktu yang lama, sehingga temperatur mobil naik dengan cepat.
  • Air radiator habis
    Penyebab temperatur mobil naik yang paling sering ditemui adalah air radiator habis. Air radiator (coolant) bisa habis karena penguapan akibat suhu mesin yang panas. Atau, terdapat kebocoran pada sistem sirkulasi radiator. Hal ini dapat menyebabkan sistem sirkulasi radiator tidak bekerja optimal. Jika air radiator menjadi sedikit, maka suhu di mesin tidak dapat didinginkan. Lalu, yang terjadi adalah mesin mobil overheat.
  • Kipas yang tidak bekerja
    Selain itu, temperatur mobil naik juga dipicu oleh kipas radiator yang tidak bekerja dengan baik. Kipas radiator yang macet, melemah, switching yang rusak, dan bahkan mati bisa berbahaya bagi keadaan suhu mobil.
  • V-Belt atau Tali Kipas
    V-belt atau tali kipas pada mobil pun mempunyai peran penting untuk menjaga keadaan temperatur mobil. Jika tali kipas tidak bekerja dengan maksimal, panas mobil akan susah dihindari. Lalu, apa akibat dari naiknya temperatur mobil? Beberapa komponen mobil, seperti kop silinder bisa bengkok, piston berpotensi macet, serta bantalan mesin dan silinder mesin dapat jadi cacat. Selain itu, freon AC juga bisa-bisa terkuras habis karena suhu temperatur mobil naik yang tidak pada batas wajarnya.

Baca Juga : Cek Masalah yang Kerap Timbul Pada Wiper Mobil

Penanggulangan pertama saat temperatur mobil naik
Apa yang akan lakukan ketika temperatur mobil naik? Sudah pasti kamu jangan panik, beberapa tips di bawah ini perlu kamu pelajari baik-baik untuk mengatasi temperatur mobil naik dan turun secara tidak wajar.

  • Berhentikan kendaraan dan matikan mesin
    Langkah paling tepat jika temperatur mobil naik adalah dengan langsung menepikan mobil ke pinggir jalan dan segera mematikan mesin mobil agar temperatur atau suhu mesin turun kembali. Hal itu dilakukan agar mobil kamu tidak mengalami kerusakan yang lebih parah.
  • Buka kap mesin
    Ketika temperatur mobil naik jangan pernah membiarkan panas mesin terperangkap di ruang mesin karena akan menyebabkan komponen lain rusak karena panas tersebut. Harga Honda Solo Setelah kamu memberhentikan kendaraan dan mematikan mesin mobil, coba untuk membuka kap mesin mobil agar panas di dalam kap terbuang. Lakukan dengan hati-hati karena kadang-kadang tuas berada di dekat radiator sehingga ada risiko kamu tersengat panas radiator.
  • Jangan buka tutup radiator
    Jangan pernah membuka tutup radiator ketika kamu mengetahui temperatur mobil naik dengan diatas batas kewajaran. Jika kamu membuka tutup radiator pada saat mesin mobil masih panas, dapat menyebabkan uap dan air bertekanan tinggi akan lepas dapat mengakibatkan luka bakar serius jika terkena kamu.
  • Periksa tabungan air cadangan radiator
    Setiap mobil pastinya memiliki cadangan air radiator yang terhubung ke bagian atas radiator. Ini akan membantu kamu untuk melihat apakah air radiator kurang atau tidak. Selain itu, juga terdapat indikator ketinggian air. Jika air kurang maka bisa berbahaya untuk mesin.

Jika kamu temukan beberapa kerusakan seperti di atas, jangan khawatir. Lakukan hal-hal seperti memilih oli yang berkualitas bagus dengan cara membelinya di tempat resmi dan terpercaya. Lalu jika menemukan komponen radiator yang rusak, alangkah baiknya kamu mengganti seluruh komponen radiator. Tetapi jika dinilai terlalu parah, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan bengkel apakah radiator mobil kamu harus diganti sepenuhnya atau hanya perlu di service saja.

Baca Juga : Kenali Ciri Ban Mobil Perlu Diganti