Hallo Honda Lovers!

Hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh tentunya adalah mengecek komponen mobil dan memastikannya semua dalam keadaan agar nantinya selama berkendara selalu aman dan lancar sampai tujuan. Hal ini juga penting dilakukan supaya  bisa terhindar dari berbagai gangguan selama perjalanan termasuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Lantas, apa saja yang perlu dicek sebelum melakukan perjalanan jauh? Pastikan ada sudah cek komponen di bawah ini :

Baca Juga : Cara Menjaga Performa Mesin Mobil Honda Tetap Prima

  1. Oli Mesin

Oli merupakan komponen utama yang penting dalam sebuah kendaraan khususnya saat berkendara jarak jauh karena mobil akan membutuhkan pelumasan yang baik saat perjalanan. Untuk pengecekannya bisa menggunakan deepstick atau stick oli, pastikan kadar oli dalam takaran yang pas.

Selain itu, perlu dipastikan mengenai jarak per kilometer dari penggantian oli sebelumnya. Jika dirasa sudah aman, maka mobil siap untuk digunakan berkendara jarak jauh.

  1. Rem

Sama seperti oli, rem juga memiliki peran penting dalam kendaraan yaitu sebagai pengendali kendaraan apalagi saat di jalan raya. Sehingga pastikan bahwa kadar minyak pada rem tetap jernih dan tidak berkeruh. Apabila kadar minyak rem ternyata sedikit anda bisa bawa ke bengkel terlebih dahulu untuk dilakukan perbaikan / perawatan karena biasanya hal ini terjadi karena adanya kebocoran.

  1. Aki

Terjadinya kemogokan saat perjalanan merupakan sebuah hal yang tentunya sangat dihindari, untuk menghindari kemogokan yang perlu dicek pertama kali adalah kondisi aki. Pastikan aki dalam kondisi prima. Apabila mobil anda menggunakan aki basah yang perlu dilakukan adalah periksa level ari aki segera tambahkan  air aki murni jika kadarnya kurang. Sehingga jika anda menggunakan aki kering cek indikatornya, jika sudah expired segera ganti ke yang baru.

  1. Lampu

Pencahayaan kendaraan selama perjalanan sangat dibutuhkan terlebih saat berkendara di malam hari, untuk itu melakukan pengecekan pada bagian lampu merupakan suatu hal yang wajib.

Pengecekan bisa meliputi lampu sein, lampu utama, lampu belakang hingga lampu sorot.

  1. Air Radiator

Jangan biarkan mobil anda dalam keadaan overheat saat digunakan, melakukan pengecekan pada air radiator tentu sangat diperlukan supaya menjaga mobil selalu dalam keadaan prima dan aman digunakan. Pastikan air radiator dalam keadaan penuh dalam menstabilkan suhu mesin jangan lupa juga untuk cek bagian reservoir sesuai dengan level yang direkomendasikan. Selain itu jangan lupa cek bagian selang yang berhubungan dengan radiator, jika sudah mengalami keretakan segera lakukan perbaikan untuk diganti.

  1. Ban

Anda bisa melakukan pengecekan kondisi ban dengan cara memastikan Tread Wear Indicator-nya masih dalam keadaan aman untuk digunakan. Perlu hati hati juga saat berkendara di jalan aspal yang licin terkena air hujan.

Nah itu tadi beberapa komponen yang perlu diperhatikan sebelum berangkat untuk berkendara jarak jauh, apabila semua masih dalam kondisi baik dan prima maka mobil siap untuk digunakan. Namun jika beberapa masih ada kendala bahkan perlu dilakukan penggantian maka jangan mengulur waktu lagi untuk membawa mobil ke bengkel resmi.

Info Selengkapnya Booking Service Honda Bintang Solo