Halo, Honda Lovers

Bencana gempa bumi dengan kekuatan 5,6 SR telah melanda Cianjur pada beberapa hari lalu yang mengakibatkan banyak korban jiwa dan menghancurkan sejumlah bangunan bahkan kendaraan milik warga. Bagi pengendara mobil untuk aktivitas sehari-hari sebaiknya tau langkah apa yang baiknya dilakukan saat terjadi gempa namun posisinya di dalam mobil.

Hal hal berikut ini mungkin bisa membantu agar tetap selamat saat gempa jika dalam keadaan di dalam mobil :

  1. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Saat terjadi gempa dan posisi di dalam mobil waktu mengemudi kadang getaran dari gempa bumi dan getaran saat mobil berjalan tidak bisa dirasakan bersamaan dengan getaran mesin dan laju kendaraan. Untuk mengetahui tanda terjadinya gempa anda bisa memperhatikan lingkungan sekitar dengan melihat orang orang yang keluar dari rumah / kendaraan maka anda harus segera keluar dan mencari tau ada kejadian apa. Usahakan jangan panic saat menyelamatkan diri.

  1. Segera Keluar Dari Mobil dan Menyelamatkan Diri

Jika anda dalam kondisi berkendara dengan kecepatan min 20km / jam dan terjadi gempa bumi, segeralah mencari tempat terbuka yang dirasa aman. Usahakan mencari tempat terbuka yang jauh dari bangunan yang rentan roboh seperti Lampu Lalu lintas, Jembatan Penyebrangan Orang, atau Tiang Listrik.

  1. Lindungi Kendaraan Kesayangan Dengan Perluasan Asuransi

Kendaraan yang anda kendarai sebaiknya juga harus diberi proteksi dengan asuransi, dengan memiliki asuransi mobil maka mampu membantu pemilik kendaraan terhindar dari membengkaknya biaya perbaikan akibat bencana alam.

Tak cukup asuransi mobil saja namun yang dipilih dari dua jenis yaitu asuransi mobil all risk (Comprehensive) dan asuransi Total Loss Only (TLO). Seperti dituliskan dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor (PSAKBI), resiko bencana seperti banjir, gempa bumi, longsor sampai gunung meletus merupakan jaminan perluasan dari asuransi kendaraan. Untuk mendapatkan seluruh benefit itu, kamu harus menambah jaminan perluasan atau SRCC asuransi.

Itu tadi beberapa hal yang bisa anda lakukan saat terjebak gempa bumi dengan posisi di dalam mobil.

Baca Juga : Bahaya ! Kenali Tanda  Kampas Kopling Sudah Habis