Hallo Honda Lovers!

Ban mobil adalah komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan. Bukan hanya komponen penggerak mobil, ban mobil juga berperan pada keselamatan, kenyamanan penumpang, keiritan konsumsi BBM, ketahanan komponen kaki-kaki mobil dan lain sebagainya. Jadi kondisi ban harus mendapat perhatian khusus dari pemilik mobil.

Pertanyaan yang sering dilontarkan Sahabat yang baru memiliki mobil adalah kapan saatnya mengganti ban? berapa umur pakai ban yang ideal? bagaimana ciri ban mobil yang sudah harus diganti? Apakah ban mobil boleh terus digunakan hingga kembangnya benar-benar habis? dan lain sebagainya. Harga Honda Solo Keausan ban selalu menjadi patokan penggantian ban. Tetapi ada beberapa ciri ban mobil yang menunjukan sudah saatnya diganti untuk keselamatan pengendara. Berikut cara mengenal kondisi fisik ciri ban mobil harus diganti:

  • Ban berumur 3 tahun
    Ban mobil terbuat dari bahan karet yang elastis. Kelenturan karet ban akan terus berubah seiring waktu, semakin lama karet akan semakin berkurang elastisitasnya, hingga akhirnya menjadi getas karena kehilangan kelenturan. Usia yang ideal dari ban mobil adalah 3 tahun, jadi sebaiknya setelah usia pakai ban mencapai 3 tahun segera ganti ban mobil sobat, walau kembangnya masih tebal karena mobil jarang digunakan. Jika lebih dari 3 tahun, hal yang paling terasa adalah ban tidak lagi memberikan kenyamanan. Karena sudah mengeras atau tidak lagi lentur.
  • Tapak ban tipis
    Kondisi ini sering disebut juga ban mengalami kegundulan pada permukaannya. Harga Honda Brio Solo Ban mobil yang sudah gundul ini tentu harus segera diganti agar tak membahayakan pengendara kendaraan tersebut atau pengguna jalan lain.
  • Banyak tambalan
    Ciri ban mobil harus diganti lainnya adalah ban mobil yang penuh dengan tambalan. Biasanya ban mobil yang bocor maka solusinya ditambal di jasa tambal ban pinggir jalan atau di gerai jual beli ban. Namun jika jumlah tambalan pada permukaan ban sudah terlalu banyak maka sebaiknya kamu mengganti ban tersebut.

Baca Juga : Cek Penyebab Kipas Radiator Mobil Rusak

  • Dinding ban mobil atau sidewall tire yang robek
    Jika permukaan atau tapak ban mobil yang bocor maka solusi sementara bisa dengan ditambal. Harga Honda Mobilio Solo Namun jika sudah dinding ban yang mengalami kebocoran atau robek, tentu ini sangat berbahaya bagi keselamatan pemilik kendaraan, untuk itu ban mobil harus diganti.
  • Terdapat benjolan pada permukaan ban
    Dikenal dengan istilah ban benjol, kondisi ini biasanya menjadi indikasi pertama jika dinding ban mobil akan robek atau pecah. Sebelum ban benar-benar pecah maka ada baiknya jika ban sudah benjol langsung diganti.
  • Karet ban mengalami getas dan pecah-pecah
    Indikatornya permukaan ban mobil terasa jauh lebih keras dibanding ban pada umumnya. Harga Honda HR-V Solo Karet pada ban tidak lagi elastis biasanya akibat usia pakai ban yang sudah terlalu lama. Kondisi ban seperti ini sangat berbahaya karena sewaktu-waktu bisa meledak jika terkena benda tajam.
  • Kembang Ban Terangkat (Heel toe Wear)
    Heel Toe Wear merupakan kondisi ban mobil yang kembangnya seperti terangkat. Hal ini terjadi pada ban mobil yang sering melalui jalanan yang rusak, khususnya mobil yang dipacu pada kecepatan tinggi di jalan yang tidak rata, sehingga sering mengerem cukup keras di jalanan tersebut. Hal ini juga bisa disebabkan karena bushing suspensi, bearing roda dan ball joint yang sudah aus.

Ada beberapa jenis dan merk ban yang banyak dijual dipasaran. Untuk memilih mana ban yang terbaik, anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan mobil kamu. Gunakan ban dengan bentuk alur sejajar kalau dipakai pada perkotaan (jalan halus datar) karena dapat meringankan akselerasi mobil.

Baca Juga : Hati-hati Kebiasaan Ini Bikin Mobil Cepat Rusak