Hallo Honda Lovers!

Mesin mobil menjadi panas sudah bukan lagi hal yang asing, namun ketika panasnya sudah melebihi batas justru sudah saatnya kita harus waspada. Jika hal tersebut dibiarkan saja maka besar kemungkinan akan merusak komponen logam yang ada di dalamnya. Salah satu hal yang bisa dilakukan ketika mobil yang kita pakai mengalami overheat adalah dengan menepi terlebih dahulu dan lakukan pengecekan kondisi mesin.

Agar hal tersebut tidak terjadi pada kita, alangkah lebih baiknya kita ketahui apa saja tanda tanda mesin mobil kita overheat?

  1. Sinyal temperature Pada Instrumen Menyala

Hal ini bisa kita ketahui dari panel instrument yang ada di speedometer. Bila indicator tersebut menyala maka segeralah menepi dan periksa ruang mesin.

  1. AC Mobil Tidak Dingin

Selama berkendara mungkin kita tidak merasakan sensasi dingin dari AC . Jika hal tersebut terjadi maka yang bisa kita lakukan adalah mematikan mesin dan segera pinggirkan ke tepi jalan, kemudian lakukan pengecekam apakah terjadi kebocoran, tutup radiator terlepas, thermostat macet atau air radiator sudah habis sehingga menjadikan mesin menjadi panas yang diakibatkan kurang pendinginan. Jika hal tersebut terjadi maka yang bisa kita lakukan adalah mematikan mesin dan segera pinggirkan ke tepi jalan kemudian lakukan pengecekan apakah terjadi kebocoran, tutup radiator terlepas, thermostat macet atau air radiator sudah habis sehingga menjadikan mesin menjadi panas yang diakibatkan kurang pendinginan. 

  1. Muncul Asap di Kap Mesin

Munculnya asap bisa disebabkan karena pecahnya air radiator yang sangat panas dan terjadinya penguapan pada mesin. Apabila hal ini dibiarkan saja dalam waktu yang lama maka bisa menyebabkan kebakaran.

  1. Tenaga Mesin Hilang

Apabila mesin mobil mengalami overheat maka performa kendaraan tentunya akan menurun dan jika  mobil dipaksakan tetap melaju maka bisa mempengaruhi kerusakan fatal yang terjadi pada mesin mobil.

Nah bagaimana Honda Lovers, sekarang sudah tau kan kira kira apa saja tanda tanda mesin mobil overheat, jika tanda tanda itu ada di dalam mobil anda maka segera lakukan pengecekan lebih lanjut supaya bisa diatasi dari awal.

Baca Juga : Servis Mobil Lebih Untung di Bengkel Resmi