Cek Penyebab Air Bag Mobil Tidak Berfungsi

by | Dec 15, 2021 | BLOG | 0 comments

Hallo Honda Lovers!

Fitur airbag pada mobil merupakan salah satu komponen keselamatan pasif yang berguna meminimalisir cedera pada tubuh pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan. Namun airbag tidak akan bekerja jika kamu tidak menggunakan sabuk pengaman. Walaupun begitu, jarang sekali ditemui kasus sebuah airbag mobil yang tidak mengembang. Meskipun begitu, terkadang ditemui kasus dimana airbag mobil tidak mengembang saat terjadi kecelakaan. Harga Honda Brio Solo Padahal, teknologi airbag adalah teknologi keamanan paling canggih yang akan berfungsi saat tabrakan, khususnya tabrakan frontal dari depan. Lalu, ko bisa teknologi keselamatan canggih itu tidak berfungsi ?

Letak sensor pengembang airbag
Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, patut diketahui bahwa sistem airbag mobil modern saat ini sudah dirancang terintegrasi dengan dengan sistem kelistrikan mobil. Sehingga, cara kerjanya pun secara elektronis. Jadi, kantung udara akan mengembang karena adanya sinyal listrik. Sinyal listrik ini sendiri didapat dari beberapa sensor yang bertugas memantau benturan di beberapa bagian bodi mobil. Biasanya penempatan sensor tersebut ada di bagian dalam bumper kiri dan kanan, serta ada di bawah dashboard. Promo Honda Solo Dari ketiga sensor airbag di depan tersebut, kantung udara akan mengembang jika salah satu sensor membaca terjadinya benturan. Biasanya, airbag mobil baru akan mengembang pada kecepatan di atas 40 km/jam.
Meski begitu ada beberapa catatan mengenai kondisi tabrakan seperti apa yang bisa mengakibatkan kantung udara mengembang. Satu contoh, jika benturan pada tidak terlalu pas dengan arah sensor, maka membutuhkan kecepatan lebih tinggi agar kantung udara bisa mengembang. Alasannya karena energi benturan akan terserap terlebih dahulu sebelum mencapai sensor. Nah, biar kamu semakin paham, yuk simak penyebab airbag tidak mengembang saat terjadi tabrakan atau benturan.

Baca Juga : Tips Bersihkan Mesin Mobil Dirumah

  • Menabrak benda bergeser
    Kantong udara tidak akan mengembang jika menabrak benda yang bergerak, karena energi yang diterima tidak cukup kuat untuk menghidupkan sensor yang akan menghidupkan airbag.
  • Menabrak di bagian tengah
    Kantong udara tidak akan mengembang jika mobil menabrak tiang, pohon, pilar atau benda sejenis tepat di bagian tengah kendaraan. Hal itu terjadi karena letak sensor bukanlah di tengah, melainkan di depan kanan dan kiri. Harga Honda Mobilio Solo Tabrakan dari depan dengan arah miring ke kiri atau ke kanan dengan sudut di atas 30 derajat tidak akan membuat sensor mengembangkan kantung udara. Pada kecelakaan dengan kemiringan di atas 30 derajat, mobil akan tetap berjalan sampai jarak tertentu, contohnya kasus-kasus mobil menabrak pembatas jalan di sisi kiri atau kanan.
  • Tabrak dari belakang
    Benturan dari belakang, samping dan terguling tidak akan membuat sensor airbag menyala karena yang diperlukan pada kecelakaan itu bukanlah kantung udara melainkan sabuk keselamtan dan sandaran kepala yang mampu menjaga tubuh dan leher tidak terlempar lebih jauh. Namun tidak perlu kahwatir karena mobil-mobil sekarang sudah dibekali curtain side airbag yang memungkinkan airbag di bagian sisi kabin penumpang mengembang ketika terjadi benturan dari berbagai sisi mobil. Selain itu, sensor di bagian depan mobil juga sudah ditambahkan oleh beberapa produsen mobil seiring dengan regulasi keselamatan yang dianjurkan.
  • Mengubah jalur kelistrikan
    Mengutak atik sistem kelistrikan mobil karena ada sesuatu yang eror, mengganti atau memodifikasi audio hingga memasang aksesoris lampu tambahan bisa membuat airbag kamu tidak aktif lho. Servis Honda Solo Oleh karena itu, jika kamu menghadapi kerusakan pada masalah kelistrikan mobil, segera bawa ke bengkel untuk ditangani oleh teknisi yang tepat.
  • Mengganti Setir
    Mengganti setir merupakan hal yang sah-sah saja. Bisa saja setir yang lama sudah kusam sehingga kamu harus menggantinya untuk estetika dan kenyamanan. Tetapi jangan lupa saat melakukan perbaikan dan penggantian stir harus dilakukan secara hati-hati dan teknisi yang profesional. Pastikan kabel-kabel yang terkoneksi pada setir dilepas secara perlahan dan ditandai sesuai tempatnya. Selain itu, pastikan mekanik melepas aki mobil terlebih dahulu agar selama penggantian stir atau perbaikan pada sistem kemudi tidak terjadi kerusakan yang menyebabkan airbag tidak berfungsi.

Baca Juga : Kenali Ciri Ban Mobil Perlu Diganti