Cek Kondisi Mobil Saat Terlalu Lama Parkir Dirumah

Cek Kondisi Wipper Mobil Saat Musim Hujan

by | Feb 1, 2021 | Perawatan | 0 comments

Masalah Wiper Mobil Yang Kerap Timbul dan Solusi Mengatasinya

Tahukah kamu Sahabat, ada salah satu bagian komponen yang kadang kurang untuk diperhatikan padahal memiliki peran yang sangat vital sekali. Kebanyakan orang mungkin akan lebih rajin saat melakukan perawatan soal mesin, rem, radiator tetapi jarang orang yang rajin untuk mengecek sistem pembersih kaca alias wiper mobil. Harga Honda Jazz Surakarta Padahal komponen wiper mobil memiliki peran yang vital baik musim hujan atau musim kemarau sekalipun. Wiper memiliki fungsi sebagai penyapu air di kaca depan supaya visibilitas saat berkendara tak terganggu. Karena perannya yang cukup penting, maka kondisi wiper yang prima akan sangat dibutuhkan lho Sahabat. Tidak hanya karet wipernya saja, tapi juga gerakan dari wiper itu sendiri.
Sebab, bila gerak wiper itu terlalu lambat tentu tak akan maksimal kerjanya, dan justru akan mengganggu visibilitas. Bahkan, bila didiamkan terus menerus, bisa saja wiper itu jadi tak berfungsi sama sekali. Kamu juga bisa membaca Musim Hujan Tiba, Periksa Kelayakan Kondisi Wiper Mobil. Harga Honda Brio Surakarta apalagi saat musih hujan seperti sekarang, wipper menjadi komponen paling penting pada mobil diharapkan pemilik mobil segera memeriksakan kondisi wiper mobilnya, guna mengantisipasi apabila ada indikasi kerusakan.
Tidak hanya sampai disitu permasalahan wiper yang kerap ditemui adalah karet wiper yang tidak bekerja maksimal membersihkan kaca depan dan juga semprotan air wiper juga perlu kamu perhatikan.

Baca Juga : Keuntungan Gunakan Suku Cadang Asli 

Inilah Penyebab Air Wiper Tidak Keluar

  • Air wiper mobil habis
    Air wiper mobil di simpan di sebuah tangki atau reservoir, biasanya menggunakan air khusus yang mengandung anti jamur agar kaca tetap bersih. Jika kamu menemukan air tidak keluar ketika kamu menggunakan wiper, jangan panik ya, coba kamu buka kap mesin kamu dan periksa tangkinya. Jika memang airnya habis, silahkan isi kembali dan jangan lupa setelah di isi pastikan tangki tidak ada kebocoran air baik melalui selang atau dari reservoir.
  • Selang air wiper mobil terlepas
    Jika air pada reservoir sudah diisi hingga batasnya tapi saat dioperasikan air tetap tidak keluar, bisa jadi ada selang yang terlepas. Coba kamu periksa kembali saluran selang air wiper mobil yang menuju atas apakah ada yang terlepas, terjepit atau ada yang rusak.
  • Motor air wiper mobil tidak bekerja
    Di dalam tabung reservoir terdapat motor yang berfungsi untuk memompa air saat dioperasikan. Coba periksa apakah motor bekerja dengan baik saat dioperasikan. Harga Honda Mobilio Surakarta Cara mengeceknya cukup dengarkan saja karena saat motor ini bekerja akan menghasilkan bunyi mendengung. Jika tidak ada suara yang kamu dengar, bawalah mobil kamu ke bengkel untuk dilakukan pengecekan apakah kamu harus mengganti motor air wiper mobil atau mungkin ada kabel yang terlepas.
  • Jaringan kelistrikan wiper mobil bermasalah
    Karena motor bekerja dengan listrik, maka langkah pertama ketika kamu menemukan bahwa tidak ada tegangan listrik yang masuk ke motor periksalah sirkuit kelistrikannya mulai dari switch, sekring dan kabelnya sendiri apakah ada yang putus atau longgar.

Baca Juga : Aroma Mobil Tak Sedap Cek Penyebabnya

  • Kotoran di ujung washer
    Air wiper mobil dari reservoir keluar melalui washer di bagian kap mesin, banyak permasalah yang sering terjadi karena hal sepele yakni ujung washer yang kecil seperti jarum ini tertutup oleh kotoran. Gunakan alat dengan ujung yang kecil dan runcing seperti jarum atau dengan kawat untuk memeriksa bahwa lubang washer tidak buntu.
    Jadi wiper mobil bisa disebut sebagai piranti penting apalagi di musim hujan seperti saat ini. Nah, ada beberapa masalah yang sering terjadi pada wiper mulai dari karet yang sudah aus, gerakannya lambat atau tidak bergerak sama sekali merupakan beberapa contohnya. Jika hal itu terjadi, apa yang harus dilakukan? Bagaimana cara mengatasinya? Berikut Garasi.id kumpulkan beberapa penanganan yang bisa kamu lakukan.
  • Karet wiper mobil yang sudah aus/getas
    Jika kamu menemukan kondisi wiper mobil yang sudah aus/getas, sebaiknya kamu mengganti dengan karet yang lentur.  Harga Honda CR-V Surakarta Karet yang mengeras, selain menyebabkan sapuannya terhadap air di permukaan kaca tak merata, juga berpotensi menyebabkan kaca mobil baret. Bila kondisi itu terjadi, biaya pemulihannya cukup mahal lho Sahabat. Jadi lebih baik mencegah daripada mengobati bukan.
  • Gerakan wiper mobil tidak normal
    Fenomena gerakan wiper mobil yang tidak normal atau lambat biasanya disebabkan karena ada bagian di dalam sistem penggerak wiper yang kotor. Hal ini berdampak pada arus listrik dan biasanya membuat engkol wiper terhambat. Cara untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan tahanan koil tersebut.
  • Dinamo wiper mobil (motor wiper) rusak
    Seperti dinamo pada umumnya kerusakan yang sering terjadi pada dinamo wiper mobil juga masalah kumparan yang terbakar. Biasanya disebabkan oleh hubungan singkat arus listrik pada mobil. Kalau sudah begini wiper mobil dinyatakan rusak total dan harus diganti.
  • Semburan air dari washer wiper mobil kurang
    Persoalan lain yang juga kerap terjadi adalah semprotan air dari kepala washer yang ada di kap mobil kurang kuat, kecil, atau tak tepat. Semua persoalan itu dikarenakan lubang di kepala washer yang tersumbat. Cara membersihkannya cukup mudah. Sahabat tinggal melepas tabung langsung campurkan pasir kerikil lalu kocok-kocok hingga kotoran yang menempel dinding tabung hilang. Agar benar-benar bersih, lakukan cara itu beberapa kali. Tentunya jangan lupa untuk membasuhnya dengan air bersih.

Nah itulah beberapa penyakit yang biasa menyerang wiper mobil kamu Sahabat. Apalagi sekarang sedang masuk musim hujan, peran dari peranti satu ini sangatlah krusial dan harus dijaga kinerjanya. Dari beberapa contoh penyakit di atas, ada beberapa kondisi dimana Sahabat harus mengganti piranti tersebut.

Baca Juga : Cek Kondisi Mobil Saat Lama Parkir Dirumah