Hallo Honda Lovers!

Kejadian pedal gas mobil tersangkut memang jarang terjadi, tetapi bukan berarti hal ini tidak bisa terjadi. Dan ketika pedal gas tersangkut, pengemudi cenderung menjadi panik, dan hal ini justru berbahaya. Berikut cara mengatasi pedal gas mobil yang tersangkut.

Cara Mengatasi Pedal Gas Mobil Tersangkut

  • Jangan Panik : Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah jangan panik. Ketika pengemudi panik, pikiran juga menjadi kacau dan langkah-langkah yang seharusnya dilakukan justru terlupakan. Usahakan untuk tidak panik ketika pedal gas mobil tersangkut.
  • Hindari Langsung Menarik Rem Tangan : Saat pedal gas tersangkut, mobil akan melaju semakin kencang. Dalam kondisi ini, jangan langsung menarik rem tangan, apalagi ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Tindakan menarik rem tangan akan mengunci roda belakang, akibatnya mobil bisa hilang kendali dan berputar. Hal ini tentu saja membahayakan pengemudi sekaligus pengendara lain.
  • Perhatikan Transmisi Mobil Anda : Anda perlu memperhatikan tipe transmisi pada mobil yang dikendarai. Pada mobil dengan transmisi manual, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menginjak pedal kopling. Mobil akan meraung tanpa menyalurkan tenaga, kemudian Anda bisa menginjak pedal rem sambil terus menginjak pedal kopling. Untuk mobil dengan transmisi otomatis, Anda perlu memindahkan tuas transmisi ke posisi netral, dan hal ini merupakan opsi terbaik.
  • Nyalakan Lampu Hazard : Ketika pedal gas mobil tersangkut, jangan lupa menyalakan lampu hazard untuk memberikan sinyal kepada pengendara lain bahwa sedang terjadi situasi darurat. Dengan begini, pengendara lain bisa lebih waspada dan melakukan antisipasi lebih awal, seperti mengurangi kecepatan dan menjaga jarak aman.
  • Hindari Langsung Mematikan Mesin : Langsung mematikan mesin saat pedal gas tertahan juga tidak disarankan. Hal ini bisa mematikan semua sistem pada mobil, dan setir pun bisa terkunci. Jika hal ini terjadi, mengendalikan mobil pun menjadi semakin sulit.

Baca Juga : Kerusakan Pada Komponen Ini Dapat Menyebabkan Mobil Kurang Bertenaga